METODE
PEMBELAJARAN BAHASA
INGGRIS BAGI ANAK DAN REMAJA
ESTI YULISTIASARI
1400366
DEPARTEMEN PENDIDIKAN
BAHASA JERMAN
FAKULTAS PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA
UNIVERSITAS PENDIDIKAN
INDONESIA
ABSTRAK
Di dunia
ini terdapat banyak kebudayaan dan bahasa. Masing-masing Negara memiliki
bahasanya masing-masing. Meskipun begitu, ada bahasa Internasional yang dapat
digunakan sebagai bahasa komunikasi bagi antar warga Negara di dunia, salah
satunya Bahasa Inggris. Bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa Internasional.
Artinya bahasa yang dapat menyatukan dunia salah satunya bahasa Inggris. Selain
diadakan mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah, diadakan juga kursus
bahasa Inggris di luar sekolah. Terlihat begitu sangat pentingnya bahasa bagi
makhluk sosial seperti kita. “Tanpa
bahasa Anda tidak dapat berbicara dengan orang lain dan Anda tidak dapat
mengerti orang lain.”-Nelson Mandela.
Kata Kunci: Metode, bahasa Inggris.
PENDAHULUAN
Seperti
yang kita ketahui, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang dipakai
untuk berkomunikasi antar warga Negara di dunia. Apapun bahasa ibu kita, ketika
kita bertemu dengan turis asing dan tidak tahu dari Negara mana dia berasal,
kita menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi atau mengetahui apa yang
akan dia katakan. Sebagaian
besar orang menganggap bahwa mempelajari bahasa Inggris sangatlah kompleks dan sulit
dipahami. Namun pada kenyataannya, dari tahun-ketahun orang yang berminat
mempelajari bahasa Inggris
semakin
meningkat. Tetapi tidak sedikit dari kita yang sulit mempelajari bahasa tersebut.
Maka dari itu bahasa Inggris di masukkan ke dalam pembelajaran sekolah di
Indonesia. Mulai dari tingkat dasar hingga tingkat tinggi. Akan tetapi tidak
menutup kemungkinan peserta didik yang belajar bahasa Inggris di sekolah
menjadi mampu dan fasih berbahasa Inggris yang baik dan benar. Maka dari itu
kursus diluar sekolah pun diadakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa
Inggris.
TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan para remaja
mempelajari bahasa Inggris yang baik dan benar secara menyenangkan.
METODE PENELITIAN
Metode penelitian ini adalah menggunakan
pendekatan kualitatif. Yaitu penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung
menggunakan analisis. Dan yang
menjadi informan adalah murid sekolah.
PEMBAHASAN
1. Metode ini biasa disingkat
dengan GTM. Adalah sebuah metode yang paling lama ada di dunia pembelajaran
sebuah bahasa asing. Indonesia sendiri, masih menggunakan metode GTM dari sejak
pengajaran bahasa Inggris terjadi hingga saat ini. Apa sebenarnya GTM?
Ini merupakan metode dimana
grammar atau tata bahasa lebih ditekankan. Selain tata bahasa, juga terdapat
translate atau alih bahasa yang paling sering digunakan untuk mengajarkan
kosakata. Guru akan mengajarkan materi tentang tata bahasa menggunakan rumus,
dan kemudian menggunakan alih bahasa ketika memberikan pengajaran membaca,
menulis, serta kosakata dalam bahasa Inggris.
2. Audio Lingual Method adalah
sebuah metode pembelajaran bahasa Inggris dimana guru mempraktikkan sebuah
dialog pendek yang satupun artinya belum dapat diterjemahkan oleh siswa. Guru
memberikan instruksi kepada siswa untuk mengikuti dialog tersebut dan siswa
menebak maksud dialog dari mimik, pose dialog, dan beragam hal yang
dipraktikkan oleh seorang guru.
Siswa diajak menghafal dialog
yang bahkan mereka tidak mengetahui tulisan dan arti secara jelas. Mereka
dipaksa berpikir untuk mengerti isi dialog dan menghafalnya dalam waktu singkat
tanpa boleh membaca atau menulisnya. Setelah siswa menghafal, maka barulah
mereka diberikan kata-kata yang ada di dalam dialog tersebut. Siswa membaca,
kemudian mereka menulisnya.
Metode ini dipercaya ampuh
untuk membuat siswa belajar bahasa Inggris dengan cepat. Mereka diajarkan
sebuah bahasa layaknya masa bayi dahulu. Karena bahasa diajarkan melalui
mendengar dialog tanpa arti dan mereka mengetehui maksudnya hanya dari mimik
wajah, pose dialog, serta gesture. Setelah mendengar, siswa diajak untuk
berbicara dan menghafal dengan bekal mengetahui maksud kata tersebut tetapi
tanpa arti yang jelas secara detail. Kemudian, kegiatan membaca dan menulis
baru dilakukan setelah siswa mendengar serta berbicara.
3. Silent Way sejatinya digunakan
oleh Celeb Cattegno untuk mengajarkan matematika. Namun, dewasa ini metode pembelajaran
bahasa inggris bernama silent way merupakan metode yang powerful apabila
diterapkan pada pembelajaran bahasa Inggris.
Silent way adalah metode yang
menggunakan rods atau batang sebagai medianya. Rods mempunyai warna dan panjang
yang berbeda. Dengan rods, seorang guru mengajarkan banyak hal terutama
mengenai berbicara dan tata bahasa dalam bahasa Inggris.
Metode ini secara garis besar
mempunyai konsep yang sama dengan audi lingual method. Siswa diajak untuk
mendengar, berbicara, membaca, dan baru menulis. Ada satu hal menarik dimana
siswa juga diajak untuk membangun sense atau inner criteria yang membuat mereka
mampu mendeteksi serta memperbaiki diri apabila terdapat kesalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris.
4. Awal mulanya guru melakukan
beberapa pekerjaan misalnya berjalan, duduk, memegang telinga, menaruh
penggaris, atau menulis. Namun sebelum guru melaksanakan semua pekerjaan
tersebut, ia memerintah dirinya terlebih dahulu dengan instruksi bahasa
Inggris.
Setelah beberapa kali
pengulangan melalui perintah yang dilakukan dan dilaksanakan oleh dirinya
sendiri, pada tahap selanjutnya guru memberikan perintah kepada siswa dengan
perintah yang sama dengan dirinya tadi. Melalui perintah tersebut, siswa
diharapkan mampu melaksanakan sesuai dengan perintah dan contoh yang tadi
diberikan. Tentu saja, guru tidak melaksanakan perintah tersebut dan ia hanya
memberikan koreksi.
KESIMPULAN
Mempelajari bahasa memang
terlihat mudah, namun kenyataannya sangat sulit. Bahasa Inggris salah satu
contohnya. Karena itu untuk membantu pembelajaran bahasa Inggris dibutuhkan
media atau metode agar memudahkan dalam mempelajari atau mengajari bahasa
Inggris. Selain itu dapat memunculkan ketertarikan peserta didik mempelajari
bahasa tersebut.
SARAN
Sebagai pengajar, sebaiknya kita memberikan metode yang menyenangkan untuk
membuat peserta didik paham dengan materi yang kita sampaikan. Tidak melulu
hanya memberikan materi dan latihan sehingga membuat peserta didik bosan dan
tidak tertarik terhadap apa yang kita sampaikan.
DAFTAR PUSTAKA
2013. (ONLINE). Cara Mudah Belajar
Bahasa Inggris. http://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/2013/04/4-metode-pembelajaran-bahasa-inggris-yang-wajib-diketahui.html
Riyanto, Selamet. 2002. The Easy Way To Master English In a Few Days.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Buttner, Ammy. 2013. Aktivitas, Permainan, dan Strategi Penilaian untuk
Kelas Bahasa Asing. Jakarta: Indeks.
Espinosa, L. (2008). Challenging
common myths about young English language learners. Foundation for Child
Development Policy Brief, Advancing PK-3.
Depdiknass. 2003. Pedoman Teknis Pelaksanaan Classroom Action
Research. Jakarta
Nunan, David P. 1991. Learning Teaching Methodology: A Textbook for
Teacher. New York. Prentice Hall.
Doff, Adrian. 1988. Teach English, Teacher Training and
Development. Bendigo: Cambridge University Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar